Verifikasi ODF (Open Defecation Free) Desa Gumelar Kidul

Verifikasi ODF (Open Defecation Free) Desa Gumelar Kidul

Verifikasi ODF (Open Defecation Free) Desa Gumelar Kidul

Pada hari Kamis, 20 september 2018 Desa Gumelar Kidul mengadakan sebuah kegiatan yaitu Verifikasi ODF (Open Defecation Free). Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa lembaga pemerintahan seperti Kepala Desa Gumelar Kidul, KAPOLSEk, KORAMIL, Kepala Puskesmas Tambak, Ibu-ibu PKK, kader Posyandu, dan Perwakilan tokoh masyarakat di Desa Gumelar Kidul. Kegiatan ini juga di ikuti oleh para mahasiswa dari STMIK AMIKOM Purwokerto yang sedang melakukan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di Desa Gumlera Kidul.

kegiatan_odf1

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses  masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas.

kegiatan_odf2

Dalam kegiatan ODF diatas, Bapak Kepala Desa menyampaiakan agar masyarakat turut serta mendukung program pemerintahan tersebut. Sehingga Desa Gumelar Kidul mampu memenuhi kriteria bagi ODF tersebut. Di kecamatan Tambak sendiri, terdapat 3 Desa yang belum termasuk desa ODF. Dan Gumelar Kidul termasuk salah satu Desa didalamnya. Sehingga dengan adanya verifikasi Desa ODF pada Kamis lalu, diharapkan Desa Gumelar Kidul  mampu memenuhi kriteria Desa ODF. Bapak Kepala Desa juga menyampaikan bahwa sebagian besar masyarakat di desa Gumelar Kidul sudah memilki jamban. Yakni sekitar 92%. 

kegiatan_odf

Related Posts

Komentar