Tim KKL Desa Gumelar Kidul Ikut Serta Masyarakat Dalam Memanen Padi

Tim KKL Desa Gumelar Kidul Ikut Serta Masyarakat Dalam Memanen Padi

Tim KKL Desa Gumelar Kidul Ikut Serta Masyarakat Dalam Memanen Padi

Pada cuaca yang terik, disebuah area persawahan yang luas di Desa Gumelar Kidul, pada hari Selasa 18 September 2018 Tim KKL Gumelar Kidul ikut serta bersama para petani padi dalam melakukan panen padi. Panas terik matahari dan deru mesin perontok padi mengiringi kegiatan pada pagi itu. Tim KKL dengan berbekal niatan untuk membantu para petani untuk memanen padinya. Meskipun cuaca yang panas terik, tidak menyurutkan semangat Anggota Tim KKL untuk ikut terjun dalam memanen padi. Sehingga para anggota memeproleh manfaat dan pengalaman dalam hal memanen padi. Selain itu para anggota juga mengerti rasanya bagaimana menjadi seorang petani padi yang harus siap dalam kondisi yang panas terik. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan diatas

panen_padiGambar diatas diambil ketika para warga saling bahu membahu dalam memanen padi. Para ibu-ibu juga turut serta dalam proses memeanen.

panen_padi1

Gambar diatas ketika para petani dibantu oleh para mahasiswa yang sedang melakukan KKL didesa Gumelar Kidul. Diatas, merupakan memanen padi yang masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan memukul padinya ke atas sebuah alat yang dibuat sendiri oleh petani mengguanakan bambu.

Padi yang sudah layak untuk dipanen merupakan padi yang sudah berumur kurang lebih 3 bulan. Yang ditandai dengan warna padinya yang mulai menguning. Area sawah yang ada di Gumelar kidul ini dimiliki oleh beberapa masyarakat baik di dalam desa Gumelar Kidul maupun di luar Desa Gumelar Kidul.

panen_padi3 

Related Posts

Komentar